Gas Well Testing (Deliverability) Dalam Perminyakan

Gas Well Testing (Deliverability) adalah pengujian sumur yang dilakukan khusus pada reservoir gas. Secara garis besar, terdapat dua jenis uji sumur, yang pertama adalah pressure test (pressure drawdown, pressure buildup, two rate, multi rate serta metode jenis kurva). Uji-uji ini direncanakan untuk mengetahui parameter -parameter reservoir disekitar lubang sumur seperti kapasitas alir, yang didefinisikan sebagai hasil permeabilitas dan ketebalan formasi (kh), faktor skin (s), dan kapasitas tampung lubang sumur (wellbore storage capacity).
Grafik Deliverability
Grafik Deliverability

Uji sumur yang kedua adalah uji deliveribilitas termasuk back pressure test dan Isochronal test, tujuan dari uji ini adalah untuk mengetahui penurunan tekanan dasar sumur (∆P2) sehubungan dengan laju produksi konstan dikepala sumur (Qsc) pada suatu sumur. Hal ini telah diterima secara luas bahwa log (∆P2) versus log (Qsc) memiliki hubungan yang mendekati linier. Hubungan ini (deliverability) bersifat relatif konstan selama masa produksi dari sumur.

Pada masa awal dari tes penentuan deliverability ini sudah dikenal persamaan empiris yang selaras dengan hasil pengamatan. Persamaan ini menyatakan hubungan antara qsc terhadap ∆P2 pada kondisi aliran stabil.
dimana :
Qsc = Laju produksi pada keadaan standart
Pr = Tekanan reservoir rata-rata pada waktu sumur ditutup
Pwf = Tekanan alir dasar sumur
C = Konstanta, tergantung satuan dari q_sc dan p
n = Harga konstan berkisar antara 0.5 – 1.

Harga n ini mencerminkan derajat pengaruh faktor inersia turbulensi atas aliran. Untuk aliran yang laminer akan memberikan harga n sama dengan 1, dan bila faktor inersia - turbulensi berperan dalam aliran maka n < 1 (dibatasi sampai harga paling kecil sama dengan 0.5). Pembuatan grafik dengan sistem koordinat log-log berdasarkan persamaan akan menghasilkan hubungan yang linier.
Harga C dapat dilihat/dicari yaitu berdasarkan titik perpotongan grafik dan satuannya dapat dinyatakan dalam :
Harga n diperoleh dari sudut kemiringan grafik dengan sumbu tegak ( ∆p2). Satuan ukuran lainnya digunakan dalam analisa “deliverability” adalah “absolut open flow potensial” (AOFP). Besar potensial ini diperoleh, bila kedalam persamaan dimasukkan harga pwf sama dengan nol.
Permeabilitas dari reservoir gas akan mempengaruhi lama waktu aliran mencapai kondisi stabil

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Gas Well Testing (Deliverability) Dalam Perminyakan"

Post a Comment