Materi Kimia Senyawa Organik (Pengertian, Tata Nama, dan Contoh Senyawa Organik)

Materi Kimia Kelas X/10. Senyawa organik adalah senyawa-senyawa karbon dengan sifat-sifat tertentu. Pada awalnya, senyawa organik ini tidak dapat dibuat di laboratorium, melainkan hanya dapat diperoleh dari makhluk hidup. Oleh karena itu, senyawa-senyawa karbon tersebut dinamai senyawa organik. Senyawa organik mempunyai tata nama khusus. Selain nama sistematis, banyak senyawa organik mempunyai nama lazim atau nama dagang (nama trivial).

Tata nama senyawa organik

Tata nama senyawa organik lebih kompleks daripada tata nama senyawa anorganik. Hal ini disebabkan sebagian besar senyawa organik tidak dapat ditentukan dari rumus kimianya saja, akan tetapi harus dari rumus strukturnya. Jumlah senyawa organik lebih banyak dibandingkan ssenyawa anorganik. Di sini akan dibahas tata nama untuk senyawa organik sederhana.
Jumlah senyawa organik sangat banyak dan tata nama senyawa organik lebih kompleks karena tidak dapat ditentukan dari rumus kimianya saja tetapi dari rumus struktur dan gugus fungsinya. Di sini hanya dibahas tata nama senyawa organik yang sederhana saja, karena senyawa organik secara khusus akan dibahas pada materi Hidrokarbon dan Senyawa Karbon.


contoh senyawa organik

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Materi Kimia Senyawa Organik (Pengertian, Tata Nama, dan Contoh Senyawa Organik)"

Post a Comment