Contoh Senyawa (larutan) Asam, Basa, Garam (Senyawa Anorganik)

Materi Kimia Kelas X/10
1. Asam
Asam adalah zat kimia yang di dalam air dapat melepaskan ion H+. Misalnya adalah HCl; jika dilarutkan ke dalam air, maka akan terurai menjadi ion H+ dan ion Cl.

Tata Nama Senyawa Asam
Rumus asam terdiri atas atom hidrogen (di depan, dapat dianggap sebagai ion H+) dan suatu anion yang disebut sisa asam. Akan tetapi, perlu diingat bahwa asam adalah senyawa kovalen, bukan senyawa ion. Nama anion sisa asam sama dengan asam yang bersangkutan tanpa kata asam.
Contoh:
larutan asam
Nama asam tersebut adalah asam fosfat.Rumus molekul dan nama dari beberapa asam yang lazim ditemukan dalam laboratorium dan kehidupan sehari-hari adalah:
H2SO4 : asam sulfat (dalam aki)
HNO3 : asam nitrat
H3PO4 : asam fosfat
CH3COOH : asam asetat (asam cuka)
a) Untuk senyawa asam biner (terdiri atas dua jenis unsur), penamaan dimulai dari kata ‘asam’ diikuti nama sisa asamnya, yaitu anion non-logam.
b) Untuk senyawa asam yang terdiri dari 3 jenis unsur, penamaan dimulai dari kata ‘asam’ diikuti nama sisa asamnya, yaitu anion poliatom.

2. Basa
Basa adalah zat yang di dalam air dapat menghasilkan ion OH-. Pada umumnya, basa adalah senyawa ion yang terdiri dari kation logam dan anion OH-. Tata nama basa adalah nama kationnya diikuti kata hidroksida.
Contoh :
larutan basa
Al(OH)3 : aluminium hidroksida
Cu(OH)2 : tembaga(II) hidroksida
Ba(OH)2 : barium hidroksida

3) Garam
Garam adalah senyawa ion yang terdiri atas kation basa dan anion sisa asam. Rumus garam diperoleh dengan memberi angka indeks pada kation dan anionnya, sehingga jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negative. Nama garam adalah rangkaian nama kation yang diikuti oleh nama anion.
larutan garam

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Contoh Senyawa (larutan) Asam, Basa, Garam (Senyawa Anorganik)"

Post a Comment