Cara Memperkenalkan Diri dan Orang Lain Dalam Forum Resmi

Cara Memperkenalkan Diri. Pernahkah kamu melihat seseorang memandu sebuah acara atau forum resmi? Bagaimana sikap dan teknik orang tersebut ketika memandu acara tersebut? Perhatikanlah saat ia mengawali acara dengan memperkenalkan diri sendiri atau orang lain, misalnya narasumber! Bagaimana bahasa yang digunakannya? Hal yang harus diperhatikan dalam mengenalkan diri atau orang lain adalah penggunaan kalimat secara jelas dan santun. Selain itu, juga perlu diperhatikan penempatan jeda yang tepat dalam mengucapkan kalimat. Nah, seandainya kamu diminta untuk menjadi pemandu suatu acara resmi atau master of ceremony (MC), bagaimana cara kamu memperkenalkan dirimu dan orang lain? Tahukah kamu, bagaimana cara atau teknik memperkenalkan yang baik? Mari kita pelajari bersama!

1. Memperkenalkan Orang Lain
Pada saat memperkenalkan narasumber pada forum resmi, misalnya diskusi atau rapat kamu harus memerhatikan sistematika yang ada. Sistematika dalam perkenalan untuk mengawali acara, yaitu salam penghormatan, menyampaikan topik acara, dilanjutkan memperkenalkan identitasnya. Sampaikan dengan santun dan ungkapkan riwayat hidup singkat, kelebihan, pendidikan, sarta keahlian yang dimilikinya.

Contoh:
Para peserta yang terhormat, Akhir-akhir ini permasalahan mengenai hak paten kebudayaan Nusantara sedang ramai dibicarakan. Padahal sebelumnya, masalah hak paten mengenai budaya Nusantara jarang dibahas dalam forum resmi seperti ini. Nah, lantas bagaimana kita menyikapi permasalahan ini? Untuk itu telah hadir di hadapan kita semua Bapak Butet Kertarajasa, seorang pengamat budaya yang juga pengajar di Institut Kesenian Jakarta.

2. Memperkenalkan Diri Sendiri
Pada saat memperkenalkan diri sendiri gunakan bahasa yang santun dan jelas. Sistematika yang perlu kamu pahami adalah salam penghormatan, topik acara, dan memperkenalkan identitas diri sendiri. Kamu tidak perlu menyampaikan identitas, kelebihan, keahlian, dan riwayatmu secara panjang lebar. Cukup singkat namun jelas. Gunakanlah bahasa  yang santun.

Contoh:
Para hadirin yang terhormat, sebelum kita lanjut ke acara selanjutnya, perkenankanlah saya sebagai pemandu acara untuk memperkenalkan diri. Nama saya Niken Lestari. Saya alumnus Fakultas Seni dan Budaya Universitas Gadjah Mada. Saat ini saya masih aktif dalam forum penelitian budaya.Departemen Pariwisata Denpasar. Sekian perkenalan dari saya. Terima kasih.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Cara Memperkenalkan Diri dan Orang Lain Dalam Forum Resmi"

Post a Comment