Cadangan Tak Terbukti (Unproved Reserves) Dalam Perminyakan

Unproved reserves atau cadangan tak terbukti adalah jumlah hidrokarbon sebagai tambahan pada proved reserves, yang berdasarkan data geologi dan data keteknikan mempunyai kemungkinan dapat diambil secara komersial. Unproved reserves dibagi menjadi probable dan possible reserves.
Probable Reserves
Probable reserves atau cadangan mungkin adalah jumlah hidrokarbon yang berdasarkan data geologi dan data keteknikan mempunyai kemungkinan terambil lebih besar dari kemungkinan tidak terambil secara komersial. Jika menggunakan metode probabilistik, maka tingkat kemungkinan proved reserves dan probable reserves minimal 50%. Secara umum, probable reserves dapat meliputi :
  • Daerah diluar batas proved dari reservoir produktif, di mana batas fluidanya masih belum dapat ditentukan dan/atau merupakan bagian terbawah dari struktur reservoir yang diperkirakan mengandung hidrokarbon.
  • Daerah produktif yang hanya disimpulkan dari data log namun tidak didukung data core atau pengujian definitif sehingga dipandang kurang pasti.
  • Cadangan yang diperoleh dari daerah yang jika dilakukan infill drilling dengan well spacing tertentu dapat menjadi proved reserves.
  • Cadangan yang diperoleh dengan metode/teknik peningkatan perolehan (IOR) yang telah terbukti berhasil sebelumnya namun belum terbukti dengan pilot project atau baru ditunjukkan oleh data reservoir yang menjanjikan pengembangan komersial.
  • Daerah produktif disekitar proved reserves tetapi dipisahkan oleh patahan/faults dan secara struktur geologi berlokasi lebih tinggi dari daerah proved.
  • Cadangan yang dapat diperoleh dengan cara perubahan prosedur mekanis (workover, treatment, perubahan peralatan) namun belum terbukti.
  • Cadangan dalam daerah proved producing yang berdasarkan interpretasi kinerja atau data volumetrik menunjukkan cadangan yang lebih dari yang sudah dinyatakan proved.

Possible Reserves
Possible reserves atau cadangan harapan adalah jumlah hidrokarbon yang berdasarkan data geologi dan data keteknikan mempunyai tingkat kemungkinan terambil secara komersial lebih rendah dari tingkat kemungkinan terambil secara komersial dari probable reserves. Jika menggunakan metode probabilistik, maka tingkat kemungkinan proved reserves ditambah probable reserves ditambah possible reserves minimal 10%. Secara umum, possible reserves dapat meliputi :
  • Daerah diluar batas probable reserves yang berdasarkan interpretasi geologi (ekstrapolasi struktur dan/atau stratigrafi) dapat terjadi.
  • Daerah produktif yang dapat disimpulkan dari data log dan data core tetapi belum dapat ditentukan secara komersial.
  • Cadangan yang dapat diperoleh dari infill drilling namun mempunyai ketidakpastian secara 
  • Cadangan yang dapat diperoleh dengan teknik peningkatan perolehan (IOR) namun belum terbukti dengan pilot project atau data reservoir meragukan untuk pengembangan komersial.
  • Cadangan dari daerah dalam formasi yang terpisah dari daerah proved oleh patahan dan interpretasi geologi menunjukkan daerah tersebut lebih rendah dari daerah proved.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Cadangan Tak Terbukti (Unproved Reserves) Dalam Perminyakan"

Post a Comment