Ukuran Dan Kualitas Porositas

Porositas. Dalam usaha mencari batasan atau kisaran harga porositas batuan, Slitcher & Graton serta Fraser mencoba menghitung porositas batuan pada berbagai bidang bulatan dengan susunan batuan yang seragam. Unit cell batuan yang distudi terdiri atas 2 pack dalam bentuk kubus dan jajaran genjang (rombohedron). Porositas dengan bentuk kubus ternyata mempunyai porositas = 47.6%, sedangkan porositas pada bidang jajaran genjang (rombohedron) yang tidak teratur mempunyai harga porositas = 25.95%.
Unit cell kubus mempunyai 2 sisi yang sama yaitu 2r, dimana r adalah jari-jari lingkaran, sehingga:
Untuk pegangan secara praktis dilapangan, ukuran porositas dan kualitas: 
Porositas (%)
Kualitas
0 – 5
Jelek sekali
5 – 10
Jelek
10 – 15
Sedang
15 – 20
Baik
> 20
Sangat bagus
Di dalam formasi batuan reservoir minyak dan gas bumi tersusun atas berbagai macam mineral (material) dengan ukuran butir yang sangat bervariasi, oleh karenanya harga porositas dari suatu lapisan ke lapisan yang lain akan selalu bervariasi. Faktor utama yang menyebabkan harga porositas bervariasi adalah :

1.Ukuran dan Bentuk Butir
Ukuran butir tidak mempengaruhi porositas total dari seluruh batuan, tetapi mempengaruhi besar kecilnya pori-pori antar butir. Sedangkan bentuk butir didasarkan pada bentuk penyudutan (ketajaman) dari pinggir butir. Sebagai standar dipakai bentuk bola, jika bentuk butiran mendekati bola maka porositas batuan akan lebih meningkat dibandingkan bentuk yang menyudut.

Baca Juga : Sifat Fisik Gas Dalam Perminyakan

2.Distribusi dan Penyusunan Butiran
Distribusi maksudnya penyebaran dari berbagai macam besar butir yang tergantung pada proses sedimentasi dari batuan. Umumnya, jika batuan tersebut diendapkan oleh arus kuat maka besar butir akan sama besar. Sedangkan susunan adalah pengaturan butir saat batuan diendapkan.

3.Derajat Sementasi dan Kompaksi
Kompaksi batuan akan menyebabkan makin mengecilnya pori batuan akibat adanya penekanan susunan batuan menjadi rapat. Sedangkan sementasi pada batuan akan menutup pori-pori batuan tersebut.Adapun gambaran dari berbagai faktor tersebut di atas dapat dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Nanz dengan Alat yang digunakan sieve analysis sebagaimana yang terlihat pada gambar berikut:

Baca Juga : Pengertian Cadangan Minyak Dalam Perminyakan
Semakin banyak material pengotor, seperti  silt dan clay yang terdapat dalam batuan akan menyebabkan mengecilnya ukuran pori-pori batuan.

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Ukuran Dan Kualitas Porositas"

Post a Comment