Analisa Batuan Reservoir

Dalam operasi perminyakan hal-hal yang perlu dilakukan adalah meneliti apa saja karakteristik dari batuan penyusun reservoir. Kegiatan yang bisanya dilakukan untuk menganalisa reservoir adalah  Analisa core, Analisa Cutting dan Analisa Logging. 

Analisa Core biasanya dilakukan dengan mengambil sampel batuan yang di bor dari dalam formasi dan selanjutnya core diteliti di laboratorium.
Analisa logging dilakukan dengan cara menganalisa lapisan batuan yang dibor dengan menggunakan peralatan logging (Tool Log). peralatan logging dimasukkan kedalam sumur, kemudian alat tersebut akan mengeluarkan gelombang – gelombang khusus seperti listrik, gamma ray, suara dan sebagainya (tergantung jenis loggingnya), kemudian gelombang tersebut akan terpantul. kembali dan diterima oleh alat logging, dan datanya kemudian dikirim ke peralatan dipermukaan untuk dianalisa. 

Contoh Sampel Core Sampel Reservoir
Contoh Sampel Core Sampel Reservoir

Untuk analisa cutting, dilakukan dengan meneliti cutting yang berasal dari lumpur pemboran yang disirkulasikan kedalam sumur pemboran. Cutting dibersihkan dari lumpur pemboran, selanjutnya di teliti di laboratorium untuk mengetahui sifat dari batuan reservoir  tersebut.

Adapun hal-hal yang akan dianalisa dari batuan reservoir adalah porositas,permeabilitas,saturasi,tekanan kapiler dan masih banyak lagi informasi yang bisa diperoleh dari batuan reservoir

Subscribe Untuk Mendapatkan Updata Artikel

loading...

0 Response to "Analisa Batuan Reservoir"

Post a Comment